Cara Berwudhu Yang Wajib Anda Perhatikan

Bismillahirrahmanirahim,

Lintas Sholat – Mendengar kata Wudhu bagi kita sudah tidak asing lagi bagi kalangan muslim, apakan cara berwudhu anda sudah benar ? banyak dikalangan muslim sekarang yang menganggap sepele cara berwdhu. perhatikan baik- baik dan hati-hati dlam berwudhu, kenpa? Ya karena wudhu adalah syarat sah sholat, apabila wudhu anda tidak benar dan tidak sah, maka akan berakibat sholat anda tidak akan sah juga. Maka dari itu perhatikanlah cara berwudhu anda.

Cara Berwudhu Yang Wajib Anda Perhatikan

Berikut ini adalah Cara Berwuduhu Yang Wajib Anda Perhatikan ;
  1. Bersihkan dahulu nasjis-najis yang ada pada badan, jika memang terdapat najis.
  2. Niat
  3. Membaca “Bismillahirrahmannirrahim”, sambil mencuci kedua belah tangan sampai pergelangan tangan sampai bersih, termasuk di antara sela-sela jari, wudhu tanpa bacaan bismillah dan niat dianggap tidak sah.
  4. Kemudian berkumur-kumur tiga kali sambil membersihkan gigi.
  5. Selesai berkumur kemudian membersihkan lubang hidung (istinsyak) sebanyak tiga kali.
  6. Setelah mencuci lubang hidung kemudian mencuci muka tiga kali, mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu, dan dari telinga kanan ke telinga kiri, dambil melafalkan niat berwudhu.
  7. Bagi yang berjenggot, disunahkan selagi membasuh wajah disertai dengan menyelatkan jenggot dengan tangan.
  8. Kemudian disusul dengan mencuci dan membasuh kedua belah tangan hingga siku-siku sebanyak tiga kali secara merata.
  9. Selesai mencuci tangan lau menyapu sebagian rambut kepala tiga kali. Lebih sempurnanya adalah menyapuka air ke seluruh kepala, dimulai dari depan kepala dampai tengkuk dan di ulang kembali mulai dari arah depan.
  10. Selesai menyapu sebagian rambut kepala, dilanjutkan lagi dengan menyapu kedua belah telinga tiga kali. Telinga bagian dalam disusap dengan menggunakan jari telunjuk, sementara daun telinga diusap dengan menggunakan ibu jari.
  11. Terakhir mecuci kedua belah kaki sampai mata kaki sebanyak tiga kali, mata kaki adalah bagian yang ikut terbasuh, disunahkan pula sambil menyelat-nyelatkan jari-jari kaki dengan jari kelingking tangan kiri, dimulai dari jari kelingking kaki kanan sampai ibu jari, lantas dari ibu jari kaki kiri sampai kelingkingnya, dengan menggunakan jari kelingking tangan kanan.


  • Semua pekerjaan tersebut wajib dikerjakan secara berturut-turut. Dahulukan yang memang harus didahulukan dan kerjakan di akhir gerakan yang memang harus di akhirkan.
  • Pada saat membasuh tangan dan kaki hendaknya disertai dengan menggosok-gosokkan telapak tangan secara teliti untuk meyakinkan sampainya air ke kulit.

Demikianlah Cara Berwuduhu Yang Wajib Anda Perhatikan baca juga Doa Sesudah Wudhu semoga bermanfaat, silahkan share/bagikan jika menurut anda artikel ini juga berguna bagi orang lain.
Wassalam.

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK MENDAPATKAN ARTIKEL ISLAMIC GERATIS

0 Response to "Cara Berwudhu Yang Wajib Anda Perhatikan"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *