Tujuan dan Makna Shalat Yang Perlu Anda Ketahui

Bismillahirrahmanirahim,

Lintas Sholat - Tujuan dan Makna Sholat Yang Perlu Anda KetahuiShalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi junjungan kita Nabi Muhammad SAW., keluarga dan para sahabatnya.

Tujuan dan Makna Shalat

Tujuan setiap ibadah adalah agar dekat dengan Allah.
Makna "dekat" disini adalah dekat dengan kemurahan dan kebaikan Allah yang hanya dianugrahkan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. Orang yang ingin dekat dengan Allah mesti melakukan hal-hal yang telah dilakukan oleh orang yang dekat dengan-Nya pula, baik dalam bentuk sikap taat, takzim, tunduk dan pengagungan kepada Allah SWT. Tanpa semua itu mustahil seorang bisa dekat dengan-Nya.


"Dekat" dan "Jauh" sendiri itu bersifat jasmaniah. Sebagai makhluk, dekatnya manusia dengan Allah mengandung dua pengertian: pertama, kedekatannya dengan pengetahuan, pengelihatan dan kukuasaan-Nya. kedua, kedekatannya dengan kemurahan (al-jud) dan kebaikan-Nya (ihsan). kedekatan yang pertama bersifat umum bagi semua makhluk, sedengkan yang kedua hanya diperuntukkan bagi mereka yang beriman.

Kedekatannya yang pertama seperti yang tercantum dala firman-Nya, Tidaklah ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia (Allah) menjadi yang keempat. (al-Mujadilah) [58]: 7)

Sedangkan yang kedekatan yang kedua seperti yang tercantum dalam firman-Nya, Maka, sujud dan mendekatlah. (al-Alaq [96] 19)

Pada ayat yang lain disebutkan, Mata air yang diminum oleg golongan orang-orang yang didekatkan, (muqarrabun). (al-Muthaffifin [83] 28)

Dan, firman-Nya, jika dia termasuk kedalam golongan orang-orang yang didekatkan, berarti dia memperolah ketentraman dan surga yang penuh dengan kenikmatan. (al-Waqiyah [56]: 88-89)

Keutamaan dan kemuliaan suatu ibadah senantiasa terkait dengan derajat dan manfaatnya. semakin besar manfaat yang dikandungnya, semakin utama pula kedudukan suatu ibadah tersebut.

Kelebihan Suatu Ibadah Atas Ibadah Yang Lainnya

Keutamaan suatu ibadah tergantung pada manfaatnya, Maka, ibadah yang paling utaman adalah ibadah yang paling besar manfaatnya, yaitu makrifatullah (pengetahuan akan Allah SWT.) dan keimanan kepada-Nya. keduanya merupakan syarat mutlak bagi ibadah-ibadah yang lainnya.

Allah SWT tidak menerima ibadah dan amal orang kafir, sebab mereka makhluk yang dimurkai-Nya. Allah juga tidak memaafkan mereka. Hal ini merupakan bukan suatu indikasi sebuah kedekatan antara seorang hamba dengan Allah SWT., sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya, Sesungguhnya Alla hanya menerima (amal) dari orang-orang yang bertaqwa (al-ma'idah) [5]: 27).

Yang dimaksud "bertaqwa" disini adalah yang menghindari kekufuran. karena, kekufuran kepada Allah SWT. dan Rasul-Nya adalah penyebab tidak diterimannya perbuatan mereka disisi-Nya.

Ada sebagian ibadah yang manfaatnya hanya diperoleh oleh merka yang mukallaf, seperti puasa, haji, umrah, dan iktikaf. ada pula ibadah tambahan seperti sedekah dan membayar kafarat. semakin banyak kadar tambahan suatu ibadah, semakin besar pula keutamannya.

Keterkaitan Di Dalam Sholat

Sholat merupakan ibadah fisik paling utama setelah makrifat dan iman. sebab, shalat memiliki manfaat yang berkaitan secara khusus dengan pelakunya, dapat memper erat hubungan dengan Allah SWT. dan Rasul-Nya, serta semua orang beriman.

Keterkaitan sholat dengan orang yang mendirikannya (mengerjakannya) adalah didalamnya terdapat doa-doa kemaslahatan di dunia dan akhirat. Selain itu, sholat juga dapat memuliakan pelakunya lantaran ada munajat yang ia panjatkan. Sehingga Rasulullah SAW. bersabda, "Orang yang shalat sekaligusbermunajat kepada Rabb-Nya
"Ketahuilah, Saudara-saudaraku, ibadah fisik paling utama adalah Sholat. Sholat adalah penghubung anatar seorang hamba dengan tuhannya. Karena itu, pelajarilah Maqashid al-Shalah yang ditulis Ibn 'Abdussalam. Kemudian, renungi isinya, hayati baik-baik, hafalkan, dan ajarkan pada anak-anak kalian serta orang lain semampu kalian."
--- Ibn al-Jawzi ---
Keterkaitan sholat dengan Allah SWT adalah karena shloat mencakup pujian-pujian kepada-Nya. Setiap makhluk mampu melakukannya. Pujian-pujian itu merupakan penegasan aka kesempurnaan-Nya yang telah kita pahami, atau pengingkaran akan sifat-siafat yang tidak sempurna bagi-Nya berdsarkan apa yang telah kita pahami juga.

Sedangkan keterkaitan sholat dengan Rasulullah SAW. adalah karena sholat mengandung permohonan dan doa atas diri Rasulullah SAW. serta kesaksian atas kebenaran risalah yang dibawanya. Selain itu, doa itu sendiri juga mencakup sholawat (doa) atas beliau berikut keluarga dan sahabatnya.
Adapun keteraitan sholat dengan orang-orang mukmim adalah karena sholat mencakup bacaan, seperti "Semoga keselamatan dilimpahkan atas kami, dan atas seluruh hamba Allah yang shaleh."

Itulah beberapa penjelasan tentang Tujuan dan Makna Sholat Yang Perlu Anda Ketahui
dikutip dari buku "Belajar Khusyuk" yang ditulis oleh Izzuddin ibn Abdussalam dan Ibn Qayyim al-Jauziyah.

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK MENDAPATKAN ARTIKEL ISLAMIC GERATIS

1 Response to "Tujuan dan Makna Shalat Yang Perlu Anda Ketahui"

Contact Form

Name

Email *

Message *