Tuntunan Sholat Dhuha Disertai Doa Sholat Dhuha

Lintas Sholat – Mengenai Sholat Dhuha banyak orang muslim yang belum tahu pasti bagaimana cara melaksanakan Sholat Dhuha memang sangat jarang sekali orang mengamalkan sholat dhuha ini secara rutin, bahkan tidak pernah, perlu anda ketahui bahwasannya Sholat Dhuha sangat besar manfaatnya bagi keberhasilan anda di dunia mau pun akhirat, dan tidak ada salahnya bila mana anda melaksanakan secara rutin, sehingga anda akan tahu manfaat dari sholat dhuha. Lalu bagaimana doa setelah melaksanakan Sholat Dhuha. Untuk postingan kali ini akan saya bahas semampu saya dan saya harap agan bisa faham dengan apa yang saya sampaikan.


Sholat sunah Dhuha atau yang seri disebut dengan sholat awwabin dhuha, yang dikerjakan pada waktu matahari sudah beranjak naik sekitar satu tombak kisaran pukul 07.00 WIB, hingga menjelang waktu sholat Zuhur. Sholat Dhuha yang dikerjakan persis pada awal terbitnya matahari disebut sholat al-isyraq. Disebut sholat awwabin Dhuha, karena ia sebagai media bertobat, serta kembali pada jalan Allah dengan jalan meninggalkan dosa dan memupuk diri dengan amal kebaikan. Hukum dari Sholat Dhuha ini sendiri adalah Sunah muakadah (sangat dianjurkan).

Dalam pelaksanaan Sholat Dhuha, paling sedikit dua rakaat. Boleh juga 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat dan paling banyak 12 rakaat, dengan cara dua rakaat salam.
Jika mampu, setelah membaca surah Al-Fatihah dianjurkan membaca dua ayat terakhir Surah Al-Baqarah atau Surah Asy-Syam pada rakaat pertama, dan pada rakaat kedua membaca Surah Al-Hasyr ayat 22-24 atau Surah Adh-Dhuha (Wadh-dhuha wal-laili).

Niat Sholat Dhuha


أُصَلِّى سُنَةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَا لَى

Ushalli sunnatad-dhuha rak’ataini lillahi ta’ala
“Aku niat shalat Dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala”

Doa Sholat Dhuha

Jika agan sudah melaksanakan Sholat Dhuha dengan himat alangkah baiknya setelah sholat membaca Doa Sholat Dhuha sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَائُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَا لَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْ رَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللَّهُمَّ اَنْ كَانَ رِزْقِيْ فِى السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلأَ رْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًفَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَ ئِكَ وَجَمَا لِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِيْ مَا اَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-dhuha-a dhuha-uka wal-baha-a baha-uka wal-jamala jamaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrata qudratuka wal-ishmata ishmatuka. Allahumma in kana rizqi fis-sama-i anzilhu wa in kana haraman fa-thahhirhu wa in kana ba’idan fa qarribhu bihaqqi dhuha ika wa baha-ika wa jamalika wa quwwatika wa qudratika atini ma ataita ‘ibadakas-shalihin. 

“Ya Allah. Bahwasanya waktu Dhuha itu waktu Dhuha-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu dan perlindungan itu, perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar, mudahkanlah, jika haram sucikanlah,jika masih jaug dekatkanlah,berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasanan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Rasulullah SAW menyatakan bahwa barang siapa melaksanakan Sholat Dhuha sebanyak 12 rakaat, pasti Allah akan membangunkan baginya rumah mewah di surga yang teruat dari rangkaian emas mutiara (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Malik bin Anas), dengan diampuni segala dosa dan kesalahannya (HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah)

Demekianlah yang saya mampu membagikan tentang Tuntunan Sholat Dhuha Disertai Doa Sholat Dhuha
Yang saya kutip dari buku KH. Muhammad Sholikhin dengan judul “Panduan Sholat” terbitan Erlangga, 2012. Semoga bermanfaat bagi agan semuanya.

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK MENDAPATKAN ARTIKEL ISLAMIC GERATIS

0 Response to "Tuntunan Sholat Dhuha Disertai Doa Sholat Dhuha"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *